Mengatasi Print Spooler Service not Running


Tulisan mengatasi print spooler service not running ini sambungan dari mengatasi virus di windows. Ternyata virus yang sempat membuat semua icon di XPku hilang semua juga melumpuhkan printer. Driver printer tidak mengalami gangguan hanya saja aplilkasi print spoiler ternyata dihentikan oleh virus tersebut. Hal itu membuat fungsi add printer tidak jalan. Saat membuka word processing juga tidak bisa dipreview dan juga tidak bisa diprint. Tidak ada reaksi apapun saat dipencet perintah print.
Permasalahan ini tidak bisa diatasi dengan menginstal ulang driver printer karena memang tidak terjadi error apapun di driver printer.
Untuk mengatasi ini aku lakukan langkah berikut:
1. klik start>run> ketik services.msc
2. Cari Print Spooler klik kanan dan pilih properties
3. pada startup type pilih automatic, kemudian klik start
Seharusnya setelah langkah ketiga, fungsi add printer dan fungsi printer pada berbagai aplikasi sudah jalan.
Akan tetapi tidak dengan komputerku karena ternyata si komputer tidak menemukan dimana harus mengeksekusi file exe yang dimaksud.
Aku curiga si virus yang dulu aku sikat, diam-diam memakan beberapa file yang dibutuhkan untuk menjalankan layanan printer. Akhirnya aku putuskan untuk mencari dll dan file yang dihapus oleh virus gak tau diri tersebut. Untuk mencari di folder windows kata spool dan aku minta untuk mengirim file-file tersebut. Akhirnya benar dugaanku bahwa si virus telah menghapus 5 file penting untuk layanan printer:
- winspool.drv
- winspool.exe
- spoolss.dll
- folder spool
- spoolsv.exe
Akhirnya aku copykan kelima file tersebut ke folder windows kecuali file kelima ke folder windows/system32. Setelah kelima file tersebut tercopy aku restart komputerku. Dengan mengulangi langkah membuka services.msc dan mengaktifkan print spooler masalah teratasi. Akhirnya fungsi add printer dan fungsi printer pada word processing, internet browser dan aplikasi lainnya jalan dengan mulus.
Pesan error Print Spooler Service not Running memang menjengkelkan. Aku harus utak atik selama 2 jam untuk menemukan solusi permasalahan ini. Setelah ketemu ternyata sangat mudah mengatasinya.
Bagi yang masih kesulitan dengan langkah di atas dan karena banyaknya pertanyaan pada kolom komentar. Berikut saya tambahkan cara untuk mengatasinya dengan bantuan web microsoft. Syaratnya komputer terhubung dengan internet dan klik link berikut: Microsoft_printer_traubleshooter. Kemudian Klik Fix it, trus pada File download klik run. Setelah itu ikutin panduan langkahnya.